Quantum Teaching merupakan proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Pembelajaran Quantum Teaching mencakup petunjuk untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif merancang pengajaran, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar.
Banyak upaya-upaya yang dilakukan oleh
guru dalam membuat strategi belajar baru
yang lebih memberdayakan siswa, yang tidak mengharuskan menghafal
fakta-fakta, tetapi strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan
dibenak siswa itu sendiri, salah satu diantaranya dengan menerapkan
pembelajaran Quantum Teaching.
Quantum Teaching merupakan suatu
proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk
meningkatkan proses belajar mengajar dan membuat proses tersebut menjadi lebih
menyenangkan. Cara ini memberikan sebuah gaya mengajar yang memberdayakan siswa
untuk berprestasi lebih dari yang dianggap mungkin. Juga membantu guru
memperluas keterampilan siswa dan motivasi siswa, sehingga guru akan memperoleh
kepuasan yang lebih besar dari pekerjaannya.
Kerangka rancangan pembelajaran Quantum Teaching
Kerangka pembelajaran Quantum
Teaching dikenal sebagai TANDUR dengan kata Tumbuhkan, Alami, Namai,
Demontrasikan, Ulangi dan Rayakan. Kerangka ini dapat membuat siswa menjadi
tertarik dan berminat pada suatu pelajaran dan dapat juga memastikan siswa
mengalami pembelajaran, berlatih, menjadikan isi pelajaran nyata bagi siswa itu
sendiri, dan mencapai sukses.
Kerangka pembelajaran Quantum Teaching
adalah sebagai berikut:
1. Tumbuhkan
Guru membuat pertanyaan tentang kemampuan
siswa dengan memanfaatkan pengalaman siswa dan mencari tanggapan, manfaat serta
komitmen siswa. Guru membuat strategi dengan melakukan aplikasi ataupun cerita
tentang pelajaran yang bersangkutan.
2. Alami
Guru memanfaatkan pengetahuan dan
keingintahuan siswa berdasarkan pengalaman siswa dan mampu mengasah otak siswa
agar dapat menyelesaikan masalah. Siswa dapat memahami informasi ataupun
kegiatan serta memanfaatkan fasilitas yang ada sesuai dengan kebutuhan siswa.
3. Namai
Pemberian nama (simbol-simbol) ataupun
identitas dan mendefinisikan suatu pertanyaan. Guru mengajarkan konsep,
keterampilan berpikir, dan strategi belajar dengan menggunakan gambar, warna,
alat bantu, kertas atau alat yang lainnya. Siswa dapat mengetahui informasi,
fakta, rumus, pemikiran, tempat dan sebagainya berdasarkan pengalaman agar
pengetahuan tersebut berarti.
4. Demonstrasikan
Guru memberi peluang untuk menerjemahkan
dan menerapkan pengetahuan siswa ke dalam pembelajaran yang lain dan ke dalam
kehidupannya. Siswa dapat memperagakan atau mengaplikasikan tingkat
kecakapannya dengan pelajaran.
5. Ulangi
Guru mengulangi hal-hal yang kurang jelas
bagi siswa. Siswa dapat dengan mudah memahami dan mengetahui pelajaran
tersebut. Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengajarkan pengetahuan
kepada siswa yang lain.
6. Rayakan
Mengadakan perayaan bagi siswa akan
mendorong siswa memperkuat rasa tanggung jawab dan mengamati proses belajar
sendiri. Perayaan tersebut akan mengajarkan siswa mengenai motivasi belajar,
kesuksesan, langkah menuju kemenangan. Pujian yang didapatkan akan mendorong
siswa agar tetap dalam keadaan bersemangat dalam proses belajar mengajar.
Biasanya pada saat siswa mencapai sesuatu, siswa hanya melanjutkan kegiatan
selanjutnya, tanpa menciptakan daya pendorong untuk mengulangi keberhasilan
itu. Sebagai guru, kiranya menanamkan bibit kesuksesan, dan selalu
menghubungkan belajar dengan perayaan. Perayaan tersebut dapat dilakukan dengan
tepuk tangan, pujian dan memberi penilaian.
PRINSIP QUANTUM LEARNING
1. Prinsip utama pembelajaran
kuantum berbunyi: Bawalah Dunia Mereka (Pembelajar) ke dalam Dunia
Kita (Pengajar), dan Antarkan Dunia Kita (Pengajar) ke dalam Dunia Mereka
(Pembelajar).
2. Dalam pembelajaran kuantum
juga berlaku prinsip bahwa proses pembelajaran merupakan permainan orchestra
simfoni.
Prinsip-prinsip dasar ini ada lima macam
berikut ini.
- Ketahuilah
bahwa segalanya berbicara: Dalam pembelajaran kuantum, segala sesuatu
mulai lingkungan pembelajaran sampai dengan bahasa tubuh pengajar,
penataan ruang sampai guru, mulai kertas yang dibagikan oleh pengajar sampai
dengan rancangan pembelajaran, semuanya mengirim pesan tentang
pembelajaran.
- Ketahuilah
bahwa segalanya bertujuan: Semua yang terjadi dalam proses pengubahan
energy menjadi cahaya mempunyai tujuan.
- Sadarilah
bahwa pengalaman mendahului penamaan: Poses pembelajaran paling baik
terjadi ketika pembelajar telah mengalami informasi sebelum mereka
memperoleh makna untuk apa yang mereka pelajari.
- Akuilah
setiap usaha yang dilakukan dalam pembelajaran: Pembelajaran atau belajar
selalu mengandung risiko besar.
- Sadarilah
bahwa sesuatu yang layak dipelajari layak pula dirayakan: Segala sesuatu
dipelajari sudah pasti layak pula dirayakan keberhasilannya.
3. Dalam pembelajaran kuantum
juga berlaku prinsip bahwa pembelajaran lurus berdampak bagi terbentuknya
keunggulan. Dengan kata lain pembelajaran perlu diartikan sebagai pembentukan
keunggulan. Oleh karena itu, keunggulan ini bahkan telah dipandangan sebagai
jantung fondasi pembelajaran kuantum.Ada 8 prinsip keunggulan, yang juga
disebut 8 kunci keunggulan yang diyakini dalam pembelajaran kuantum.
MANFAAT QUANTUM LEARNING
Manfaat yang diperoleh dari quantum
learning adalah :
- Sikap
positif
- Motivasi
- Ketrampilan
belajar seumur hidup
- Kepercayaan
diri
- Sukses
Nilai hubungan
seseorang itu ada 4 kategori, yaitu :
1. Small me, small you
2. Small me, big you
3. Big me, smal you
4. Big me, big you
Dalam kehidupan
sehari-hari sebaikanya kita menerapkan hubungan Big Me Big You. Dengan itu kita
akan beranggapan bahwa diri kita sama dengan orang lain dalam hal kemampuan
ataupun sikap. Kita tidak boleh menganggap bahwa kita kecil, ataupun menganggap
diri kita besar jika dibanding yang orang lain.
Contoh hubungan Big Me, Big You dalam
lingkungan sekolah:
Refki adalah siswa
yang paling pintar dikelasnya, ia sering mendapat juara kelas. Dalam berbagai
perlombaan diluar sekolahpun, Refki sering mendapatkan juara seperti
Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten dan Provinsi. Refki tidak pernah sombong
dengan apapun yang telah diraihnya selama ini, ia selalu menolong temannya
dalam belajar.
Zilfikri yang
merupakan teman sekalas refki sering memperhatikan semua yang dilakukan dan
yang diraih Refki, ia mempunyai keyakinan bahwa ia bisa menjadi
seperti Refki tetapi dengan cara bidang yang berbeda. Zilfikri merupakan atlet
olahraga yang juga menjuarai di tingkat Kabupaten dan Provinsi, memang secara
akademik Zilfikri tidak sepintar Refki, tetapi ia mempunyai
bakat dibidang olahraga yang dimana itu merupakan kelemahan dari
refki. Jadi yang dinamakan Big Me Big You adalah dimana kita bisa sama dengan
orang lain, walaupun tidak pada waktu, tempat bahkan bidang yang berbeda.
Permasalahan : Salah satu kerangka belajar kuantum yaitu rayakan. Anda
sebagai calon guru, bentuk perayaan seperti apa yang akan anda lakukan untuk
memotivasi atau membuat siswa menjadi lebih semangat lagi, tetapi tidak membuat
keirian pada siswa yang lain??? Berikan ide kreatifmu...
bisa dengan bentuk-bentuk penguatan positif, seperti memberikan hadiah contohnya permen, kado, makanan, dan lainnya, perilaku senyum, menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol, atau penghargaan yang berupa nilai A, Juara 1 atau penghargaan lain.
BalasHapusapabila pada saat kita memberikan hadiah seperti yang saudara jelaskan, tetapi justru menimbulkan perasaan iri terhadap siswa yang lain. sehingga siswa tersebut menjadi kurang bersemnagat atau malas justru malas belajar kimia apa yang akan anda lakukan selanjutnya?
Hapus